Kamis, 02 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Uniknya Cnidaria, Kelompok Hewan dengan Alat Sengat

Oleh: Fauziah Asri Latifah, S.Si, M.Pd

Guru Biologi SMA N 13 Semarang

Sumber gambar https://www.wisataseribupulau.co.id/

Tahukah Kalian apa itu hewan Cnidaria? Cnidaria termasuk kelompok hewan Coelenterata (Yunani, coelenteron = rongga), yaitu Invertebrata yang memiliki rongga tubuh sebagai alat pencernaan makanan (gastrovaskuler). Cnidaria berasal dari kata (Yunani) cnide, yang artinya sengat, yaitu memiliki alat sengat untuk mempertahankan diri dari musuh dan menangkap mangsa.

Cnidaria Sebagian besar hidup secara bebas di air laut dan hanya beberapa species yang hidup di air tawar. Cnidaria hidup di perairan dangkal, secara koloni maupun soliter. Uniknya, Cnidaria mempunyai dua bentuk tubuh, ada yang berbentuk polip dan ada yang berbentuk medusa. Polip berbentuk seperti tabung, hidupnya melekat pada suatu substrat, sementara medusa berbentuk seperti paying atau mangkuk terbalik hidup bebas melayang-layang di perairan.

Kelompok hewan Cnidaria merupakan salah satu kelompok hewan dengan karakteristik yang sangat unik. Mengapa demikian? Kelompok hewan ini tidak mempunyai alat pernapasan dan ekskresi. Lalu bagaimana dia bisa hidup jika tidak mempunyai alat pernapasan? Pertukaran gas dilakukan oleh seluruh permukaan tubuh secara difusi. Sisa-sisa metabolisme berupa amoniak juga dibuang secara difusi. Sebagai animalia, tentunya Cnidaria juga melakukan pergerakan. Pergerakan pada Cnidaria juga sangat unik. Pergerakan pada Cnidaria terjadi karena kontraksi otot. Gerakan yang dihasilkan searah vertikal, sedangkan Gerakan horizontal pada Cnidaria bergantung pada arus laut.

Keunikan dari Cnidaria yang lain adalah tidak memiliki anus. Jika tidak mempunyai anus, bagaimakah sistem pencernaannya? Makanan masuk ke mulut dengan bantuan tentakel kemudian masuk ke dalam suatu rongga yang disebut rongga gastrovaskuler. Inilah alasan mengapa Cnidaria disebut juga Coelenterata (karena mempunyai rongga tubuh). Di dalam rongga gastrovaskuler terdapat enzim yang mencerna makanan. Makanan akan hancur dan diaduk oleh adanya Gerakan flagel. Sari makanan hasil pencernaan diedarkan ke seluruh tubuh secara difusi. Sebagian sari makanan disimpan sebagai cadangan makanan, kemudian sisa pencernaan makanan dibuang kembali melalui mulut. Dapatkah kalian bayangkan, bagaimana jika ini terjadi manusia? Satu hal yang patut Kalian syukuri bukan, Tuhan menciptakan manusia dengan struktur dan fungsi tubuh yang sangat sempurna.

Bagaimana Cnidaria berkembang biak? Cara perkembangbiakan pada Cnidaria juga tergolong unik. Bagaimana tidak, Cnidaria merupakan kelompok hewan, namun dapat bereproduksi secara aseksual dengan pembentukan tunas. Tunas dibentuk oleh Cnidaria yang berbentuk polip. Sementara reproduksi secara seksual biasanya dilakukan oleh Cnidaria yang berbentuk medusa. Cnidaria ada yang diesis (berumah dua) ada pula yang hermaprodit. Reproduksi aseksual pada stadium polip dan reproduksi seksual pada tahap medusa terjadi secara bergantian membentuk suatu siklus yang disebut metagenesis.

Apa saja yang termasuk kelompok hewan Cnidaria. Banyak sekali hewan Invertebrata yang termasuk kelompok Cnidaria, contoh yang paling banyak dikenal orang adalah ubur-ubur. Ubur-ubur mempunyai nama latin Aurelia aurita, cantik sekali bukan namanya. Contoh lain dari Cnidaria adalah dari kelas Anthozoa, merupakan kelompok hewan pembentuk ekosistem terumbu karang. Sebagaimana kalian ketahui terumbu karang menjadi habaitat ikan dan habitat hewan laut lainnya, yang menjadi panorama dasar laut yang sangat indah. sehingga menjadi objek wisata maritim, yang dapat mendatangkan devisa negara. Tidak hanya itu, terumbu karang juga menjadi pelindung pulau terhadap gempuran ombak.

Dari uraian di atas, dapat Kalian ketahui keunikan kelompok hewan Cnidaria. Betapa Tuhan YME telah menciptakan makhluk yang luar biasa dengan keterbatasan fungsi tubuh namun dapat bereproduksi dan berkembang biak untuk terus memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Sudah tugas kita, sebagai manusia untuk dapat menjaga alam tetap lestari, menjaga kelestarian terumbu karang.  

Untuk dapat memahami secara rinci tentang Cnidaria dapat kalain simak video youtube berikut ini.

penulis
Tim IT

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR