Kamis, 02 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Program “Narasi Tali Hati” SMAN 13 Semarang

Pendidikan karakter menjadi kunci dan tujuan utama dari pendidikan. Setiap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru bermuara pada perubahan karakter yang lebih baik. Dalam rangka mewujudkan pendidikan karakter masing – masing sekolah memiliki program untuk mencapai tujuan pembentukan pendidikan karakter. SMAN 13 Semarang dibawah kepemimpinan kepala sekolah Bapak Rusmiyanto menerapkan program “Narasi Tali Hati” dalam rangka penguatan Profil Pelajar Pancasila. Narasi Tali Hati merupakan akronim dari Nasionalisme, Inspirasi, Talent Show, Literasi, Sehat dan Religi.

Program Narasi Tali Hati SMAN 13 Semarang bertujuan untuk mewujudkan karakter siswa yang lebih baik serta mewadahi dan memfasilitasi segala potensi siswa melalui program – program yang disediakan sekolah. Program Narasi Tali Hati merupakan program yang dijalankan oleh SMAN 13 Semarang dari hari Senin hingga Jumat mengambil waktu 15 – 30 menit di jam awal untuk mengikuti program sekolah ini. Berikut adalah penjelasan program Narasi Tali Hati SMAN 13 Semarang.

1. Senin Nasionalisme

Sebagai bentuk memperkuat jiwa nasionalisme, SMAN 13 Semarang mengadakan upacara rutin setiap hari Senin. Selain kegiatan upacara, SMAN 13 Semarang juga menjalankan program menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serentak melalui speaker sentral sekolah yang diperdengarkan ke seluruh kelas dan ruangan lain. Pada saat mengumandangkan lagu kebangsaan ini seluruh warga sekolah menghentikan aktivitasnya untuk menghormati lagu kebangsaan.

2. Selasa Inspirasi SMAGALAS

Inspirasi SMAGALAS merupakan program motivasi siswa yang didengarkan melalui speaker sentral yang diperdengarkan ke seluruh kelas. Melalui inspirasi SMAGALAS bapak ibu guru memberikan nilai – nilai kemanusiaan, motivasi, dan semangat kepada siswa secara tersirat dalam kisah – kisah yang diperdengarkan di inspirasi SMAGALAS. Sebagai tindak lanjut, siswa diminta mencatat intisari dari inspirasi SMAGALAS.

3. Rabu Talent Show

Kegiatan Talent Show merupakan wujud kepedulian sekolah guna mewadahi bakat dan potensi anak dalam dunia seni pertunjukan. Talent Show diadakan setiap hari Rabu yang dimulai pukul 07.00 – 07.15. Talent Show menampilkan pertunjukan masing – masing kelas dari kelas X hingga XII. Melalui Talent Show pihak sekolah menyadari banyak potensi siswa yang tidak terwadahi dan sangat mungkin untuk dikembangkan. Melalui Talent Show sekolah ingin memberikan pengalaman drama pertunjukan, memberikan panggung dan memberi pengalaman yang tidak terlupakan bagi para siswa. Dengan adanya kegiatan Talent Show diharapkan siswa dapat mengenali potensi dirinya dan mampu mengembangkannya.

4. Kamis Literasi

Dalam rangka meningkatkan literasi siswa, SMAN 13 Semarang mengadakan gerakan literasi yang dilakukan setiap hari Kamis. Kegiatan literasi bertujuan untuk meningkatkan budaya baca dan memupuk kecintaan siswa terhadap dunia literasi. Literasi tidak dibatasi hanya pada buku teks saja melainkan diperbolehkan untuk literasi digital sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka yaitu digitalisasi sekolah.

5. Jumat Sehat dan Religi

Melalui Jumat Sehat dan Religi SMAN 13 Semarang ingin membangun jasmani dan rohani siswa. Implementasi Jumat Sehat adalah dengan mengadakan kegiatan olahraga di hari Jumat. Selain Jumat Sehat, SMAN 13 Semarang juga mengadakan Jumat Religi yaitu mengadakan kegiatan sholat Jumat bagi siswa muslim dan acara kerohanian untuk siswa non muslim. Pada kegiatan sholat Jumat juga diadakan acara berbagi makanan melalui program Jumat Berkah. Melalui program Jumat Berkah pihak sekolah ingin memberikan pelajaran dan manfaat berbagi bagi sesama.

Pendidikan karakter akan tercapai apabila setiap bagian dari sebuah institusi pendidikan memiliki rasa kepedulian terhadap perbaikan karakter anak. SMAN 13 Semarang mewujudkan kepedulian tersebut melalui program “Narasi Tali Hati”, sebuah program pembiasaan kebiasaan baik bagi siswa. SMAN 13 Semarang semakin maju, SMAGALAS Progresif.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR