Jumat, 30 Sep 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Kelebihan CMS WordPress pada Website Sekolah

oleh Rahmad Ardiansyah

CMS kepanjangan dari Content Management System adalah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan membuat berbagai konten pada website seperti website company profile, blog, forum, landing page, dan lain sebagainya. Sistem manajemen CMS menjadi solusi pengelolaan data digital terutama berkaitan dengan dunia website. Lebih jauh mengenai website sekolah terdapat berbagai macam CMS dalam pengelolaan sebuah website sekolah diantaranya Balitbang, WordPress, Jomla hingga yang paling sederhana menggunakan Blogspot. Pemilihan CMS tentu menyesuaikan kebutuhan pengguna dalam mengelola website.

CMS yang paling umum digunakan oleh website sekolah negeri adalah CMS Balitbang. CMS ini merupakan CMS yang dikembangkan oleh divisi data litbang dari pemerintah. Namun, kali ini kita akan membahas CMS lain yaitu WordPress yang merupakan CMS alternatif dalam penerapan tampilan website.

WordPress merupakan perusahaan berbasis digital pada platform blogging. WordPress sudah lama mengembangkan CMS untuk dunia blogging dan menjadi pesaing utama platform blogger milik google. WordPress secara umum adalah aplikasi open source yang dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman seperti php dan MySQL. WordPress pada dasarnya adalah platform blogging, namun dengan berbagai tool atau plugin tambahan, sebuah website WordPress dapat disulap menjadi sebuah website profesional.

Penggunaan website sekolah menggandeng CMS WordPress sangat direkomendasikan. Alasannya adalah kemudahan dalam pengelolaan website. WordPress sangat mudah dioperasikan bahkan bagi blogger atau operator website pemula. WordPress memiliki banyak theme yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan tampilan website sekolah. Berikut adalah kelebihan WordPress yang perlu anda tahu.

Mudah di Custom

WordPress dikenal sebagai opensource yang dapat di custom secara mudah. Dengan adanya opensource ini para developer dapat dengan mudah melakukan berbagai perubahan hingga ke sistem. Di forum – forum banyak tersebar developer tools dan desain wordpress. Dengan kelebihannya tersebut WordPress memiliki lebih banyak hal yang bisa digunakan untuk memfasilitasi guru dan siswa melalui website sekolah berbasis WordPress.

User Friendly

WordPress sangat mudah dioperasikan bahkan untuk orang yang baru menggunakan sistem operasi ini. Dengan semangat belajar yang tinggi, orang awampun dapat dengan mudah mengoperasikan sistem operasi WordPress. Ada banyak forum WordPress yang dapat membantu pengguna baru apabila ada kesulitan dalam menggunakan sistem operasi WordPress.

Komunitas Besar

WordPress menjadi platform blogging terbesar di dunia. Dengan banyaknya komunitas ini sangat menguntungkan user mencari info update terkait perkembangan dan kendala penggunaan website WordPress. Di Indonesia sendiri forum website ada di facebook yaitu WordPress Indonesia, wp-id.org, hingga web – web forum.

Integrasi Berbagai Layanan

CMS WordPress dapat diintegrasikan ke berbagai layanan seperti Google Analytic, Mailchimp, Google Adsense, Whatsapp dan lain sebagainya yang dapat mendukung perkembangan web sekolah. Selain itu juga terintegrasi dengan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

SEO Friendly

Pencarian Google menjadi salah satu sumber traffik bagi sebuah website. WordPress memiliki basis SEO yang sangat mudah di custom. Banyak diantara peringkat Google di halaman satu merupakan website berbasis WordPress. Oleh karena itu apabila web sekolah menggunakan CMS WordPress akan sangat mendukung untuk branding sekolah terutama pada digitalisasi sekolah.

Update Berkala

WordPress secara rutin melakukan update berkala guna memperbaiki berbagai kesalahan di sebuah web berbasis WordPress. Dengan adanya update berkala ini dapat menutup berbagai eror yang bisa menjadi lubang hacker untuk masuk ke web kita. Maka dari itu web berbasis WordPress ini sangat direkomendasikan.

Dapat Memasukkan Banyak Penulis

Website sekolah tentu berbeda dengan website pribadi. Website sekolah dimiliki sebuah instansi sehingga lebih mudah untuk dikelola oleh banyak orang. Dengan adanya fitur user, pengelolaan akan lebih mudah apabila dikelola banyak orang.

penulis
Rahmad Ardiansyah

Tulisan Lainnya

Oleh : Rahmad Ardiansyah

Bertemu Manusia Purbakala di Sangiran

0 Komentar

KELUAR