Kamis, 02 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

“Minuman Lemongrass” Produk Variasi Olahan Kewirausahaan SMAN 13 Semarang

Oleh : Rini Yuni Astuti

SMAN 13 Semarang mengembangkan minuman herbal lemongrass sebagai produk unggulan kewirausahaan. Pengembangan produk minuman lemongrass selaras dengan tema kewirausahaan SMAN 13 Semarang pada tahun sebelumnya yaitu jamu. Produk lemongrass merupakan minuman berbahan jeruk lemon dan serai dengan berbagai manfaat. Keunikan lemongrass yang dibuat SMAN 13 Semarang dalam proses pengolahan serainya menggunakan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum diseduh. Cara ini dipercaya mampu memaksimalkan kadar kandungan minuman lemongrass.

Manfaat Minuman Lemongrass

Minuman lemongrass memilik khasiat pengobatan seperti menyembuhkan demam, sakit perut, pencernaan, sakit kepala dan masalah penyakit lain. Lemongrass juga berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubh, meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan. Pada penderita tekanan darah tinggi kadar kalium yang terkandung pada lemongrass membantu menurunkan tekanan darah sistolik tingi. Lemongrass sangat baik untuk penderita diabetes sebagai sarana penurun kadar gula darah dan sebagai pembersih hati dan ginjal.

Minuman Lemongrass sebagai Produk Kewirausahaan SMAN 13 Semarang

Pengembangan produk minuman lemongrass dilatarbelakangi mata pelajaran dan proyek kewirausahaan baik di kurikulum 2013 maupun kurikulum merdeka. Pengembangan produk lemongrass juga selaras dengan tema besar kewirausahaan SMAN 13 Semarang yaitu jamu. Sebagai info tambahan, SMAN 13 Semarang memilih jamu sebagai tema yang diangkat dalam kewirausahaan sekolah karena SMAN 13 Semarang terletak di kampung Jamu, Desa Wonolopo, Kecamatan Mijen. Sebelumnya sudah dikembangan berbagai olahan variasi jamu seperti jamu late, moci rasa jahe, curcuma cake, cendol dawet, sirup jamu, dan es puter. Pengembangan minuman lemongrass merupakan kelanjutan dari berbagai olahan jamu dari SMAN 13 Semarang.

penulis
Tim IT

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR