Kamis, 02 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

MAPSI Ajang Raih Prestasi

oleh Hadi Siswanto

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, SMAN 13 mengadakan berbagai rangkaian kegiatan. Ada kegiatan lomba MAPSI atau lomba Mata Pelajaran Seni Islami dan juga ada kegiatan inti, yaitu tausiyah untaian hikmah. Peringatan Hari Besar Islam ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan dalam setiap tahunnya. Adapun bentuk kegiatannya dimata guru bersifat kolaboratif, karena melibatkan MGMP lain selain MGMP PAI tingkat sekolah. Guru Musik, Guru bahasa Indonesia dimintai sebagai Juri lomba Nasyid dan Baca Puisi dan pelaksanaannya tentu melibatkan guru-guru yang lain. Sedangkan dimata peserta didik bersifat toleran karena ada cabang lomba yang boleh diikuti oleh siswa non muslim, yaitu cabang lomba nasyid, musikalsisasi baca puisi dan fashion show. Model kegiatan seperti ini sebagai upaya menanamkan nilai-nilai toleran dan kebersamaan, sebagai pengejawantahan SMAN 13 sebagai Sekolah Damai oleh Wahid Foundation Jakarta.

Dalam upaya menggali potensi dan bakat yang dimiliki oleh siswa, pada  hari jum’at, 7 Oktober 2022 dari jam 09.30 sampai selesai diadakan lomba MAPSI, ada cabang murotal, syarhil quran, musikalisasi baca puisi Islami, dan penyisihan 6 besar nasyid. Peserta lomba adalah siswa kelas X, XI dan XII bersifat delegatif. Sedangkan pada hari senin, 10 Oktober 2022 sebagai puncak acara intinya, ada lomba fashion show busana muslim, grandfinal 6 besar nasyid, pembacaan maulidurrosul, tausiyah hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Ustadzah Ibu Hj. Nurul Syamsiyah, S.Ag dari Semarang. Hasil lomba atau juara akan diumumkan pada puncak acara, sedangkan untuk lomba cabang Nasyid, 6 kelas yang berhak mengikuti Grand final, yaitu kelas X.E-1, X.E-2, XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MIPA 4 dan XII IPS 2.

Tujuan diadakan kegiatan seperti ini adalah untuk mengetahui sejauhmana potensi dan keahlian yang dimiliki oleh siswa. Dan sebagai reward para juara juga akan menerima hadiah, bahkan lebih dari itu setelah melalui seleksi ulang akan diikutkan lomba MAPSI tingkat SMA se-Kota Semarang yang diadakan oleh MGMP PAI SMA, pada tanggal 10 Desember 2022, hanya saja di lomba cabang murotal, syarhil quran, dan musikalisasi baca puisi Islami. Sehingga sangat tepat kalau ajang kegiatan seperti ini sebagai sarana untuk meraih prestasi peserta didik. (Aa’)

Dokumentasi  Lomba MAPSI 2022

Penampilan Peserta MAPSI cabang Syarhil Quran
Penampilan Peserta MAPSI cabang Tartilul Quran
Penampilan Peserta MAPSI cabang Musikalisasi Baca Puisi Islami
Penampilan Peserta MAPSI cabang Nasyid
penulis
Tim IT

Tulisan Lainnya

Kartu Multifungsi SMAGALAS
Oleh : Rahmad Ardiansyah

Kartu Multifungsi SMAGALAS

0 Komentar

KELUAR