oleh R. Agung Budi Laksono
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tingkat SMA tentang Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika secara terus menerus perlu ditingkatkan untuk memupuk rasa cinta kepada bangsa dan negara Indonesia. Bagaimana cara menanamkan rasa cinta tanah air pada peserta didik? Para guru tentunya harus mempunyai strategi mengajar. Di antaranya, menjaga penampilannya agar tetap menyenangkan, membuat materi power point yang menarik. Antara lain dengan disertakan contoh gambar konflik beserta cara penanggulangannya dan pencegahannya untuk menuju kebhinnekaan yang global berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945. Kemudian ada tanya jawab / berdiskusi, ada presentasi secara kelompok yang masing-masing kelompok berkostum yang berbeda-beda. Sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan akan sangat antusias dalam menerima, menyimak, dan dapat mengimplementasikan integrasi nasional di tingkat keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara, secara global. Dengan demikian tujuan pembelajaran dalam bentuk penanaman integrasi nasional akan tercapai.
Dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bagi pelajar kegiatan upacara bukan hanya kegiatan wajib yang rutin dilaksanakan. Ada nilai-nilai yang terkandung di dalam kegiatan tersebut. Semua rangkaian dalam kegiatan upacara berkaitan dengan negara Indonesia. Ada perasaan harus, ketika bendera Merah Putih dikibarkan. Sebagai pelajar tentu sering mendengar atau membaca kisah perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan ini. Pelajar tentu dapat merasakan nilai-nilai juang mereka. Ketika melaksanakan kegiatan upacara. Ada perasaan bangga ketika berhasil mengibarkan bendera Merah Putih.