Kamis, 02 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

SMAN 13 Semarang Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2022/2023 Semester Ganjil

Oleh : R.Agung Budi Laksono,S.Pd.,M.Pd
NIP.19680711 200604 1 008
r.agunglaksono2013@gmail.com.id

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu,sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. Ciri khas kurikulum merdeka pembelajaran berdiferensial,projek penguatan profil pelajar Pancasila sistim fase,student center learning,diaknostik asesmen,pembelajaran paradigma baru. Kurikulum Pendidikan Indonesia yang pernah diberlakukan yaitu, CBSA,1994,KBK/2004,KTSP/2006,2013 ( 2013 rev).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,arti Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan yang bebas ( Merdeka).

Munif Chatib,tentang kurikulum Merdeka:Kurikulum Merdeka mempunyai beberapa point-Sekolah mempunyai hak untuk memilih menggunakan kurikulum merdeka atau tidak,masih menerapkan kurikulum 2013.Hak sekolah untuk memilih kurikulum ini adalah sebuah kemajuan.-Isi kurikulum merdeka fleksibel.Sekolah dapat meracik sendiri isi kurikulum sekolah berdasarkan kebutuhan peserta didik,visi dan budaya sekolah,hal ini akan membawa kemajuan kualitas pendidikan yang cepat sebab terpantik kreatifitas masing masing sekolah.-Penerapan pendekatan proyek.Hal ini akan membuat proses dan hasil pembelajaran bermakna dan masuk memori jangka panjang siswa.Apalagi proyek yang menyelesaikan masalah yang sering terjadi. SMAN.13 Semarang mulai praktik projek tahap pertama Minggu ketiga bulan Oktober sampai dengan Minggu ke 2 bulan Oktober 2022 dan akan dilanjutkan praktik projek berikutnya,adapun prosentasi implementasi kurikulum merdeka 70 % teori sedangkan 30 % projek.

Implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan di SMAN.13 Semarang tahun pelajaran 2022/2023 mulai semester ganjil dari Fase XE.1 sampai dengan XE.8 yang meliputi 70% pembelajaran tatap muka sesuai dengan mata pelajaran esensial kalau pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ada dua CP,CP 1 terdiri dari 3 TP dan CP 2 terdiri dari 5 TP , sedangkan 30 % berbasis projek dari kelas XE.1 telah menampilkan; Drama, Poster, Puisi, Video, Film, Pendek. Kls. XE.2 menampilkan, Drama, Puisi, Tari, Poster. Kls.XE.3 menampilkan, Drama, Puisi, Pidato, Poster, Komik, Dance. Kls.XE.4 menampilkan, Drama, Tari, Puisi, Poster. Kls.XE.5 menampilkan, Drama, Puisi, Film Pendek. Kls.XE. 6 menampilkan, Drama, Tari, Poster, Lukisan, Musikalitas Puisi, Instalasi. Kls.XE.7 menampilkan, Drama, Puisi, Poster, Lukisan. Kls.XE.8 menampilkan, Drama, Poster, Diorama, Puisi dan Musikalitas. Adapun praktik projek dilaksanakan pada hari,Kamis,13 Oktober 2022 sampai dengan bulan Nopember Minggu ke 2.

UU NO.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional,,Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan NO.56 Tahun.2022 tentang Penerapan Kurikulum Merdeka,proses pembelajaran akan lebih maksimal agar peserta didik memiliki cukup untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensinya.Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penyajian artikel ini adalah pemerintah memberikan kebebasan pada dunia pendidikan untuk memilih jenis kurikulum yang ada seperti kurikulum 2013 atau kurikulum merdeka,yang dipilih SMAN.13 kurikulum merdeka dengan harapan memberikan kebebasan para guru dan siswa untuk lebih mengeksplor PQ,IQ,EQ,ESQ untuk siap menghadapi persaingan global di masa sekarang dan yang akan datang.

Keyword: “IF YOU DON’T LEARN, YOU DON’T CHANGE, IF YOU DON’T CHANGE, YOU DIE”

penulis
Tim IT

Tulisan Lainnya

Bertemu Manusia Purbakala di Sangiran
Oleh : Rahmad Ardiansyah

Bertemu Manusia Purbakala di Sangiran

0 Komentar

KELUAR