Selasa, 28 Jun 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Tips Pengelolaan Website Sekolah (sch.id)

Oleh Rahmad Ardiansyah

Website sekolah pada dasarnya sama dengan website gratisan seperti blogspot dan platform gratis yang lain. Perbedaannya hanyalah cms yang digunakan, tambahan fitur serta pembahasan yang lebih variatif. Apabila seorang operator website sudah paham dasar – dasar blogging maka akan dengan mudah dapat mengoperasikan web sekolah. Pada postingan ini, saya Rahmad Ardiansyah, guru sejarah yang ditunjuk sebagai admin web sekolah akan memberikan pandangan saya mengenai bagaimana pengelolaan website sekolah yang baik dari sudut pandang saya. Saya sendiri adalah blogger yang sudah lama mengoperasikan website terutama cms WordPress. Atas dasar inilah saya merombak web sma13smg.sch.id dari cms balitbang ke cms wordpress. Pemilihan wordpress sebagai cms dapat kalian baca di postingan Kelebihan CMS WordPress pada Website Sekolah.

Blogging menjadi keahlian dasar yang harus dimiliki seorang admin website sekolah. Ilmu dasar lain yang harus dimiliki seorang admin web sekolah adalah keahlian coding minimal html, kemudian lebih lanjut bisa mempelajari code php, mySQL, Database dan pengelolaan hosting server. Hal ini penting untuk kemandirian sebuah web institusi lembaga pendidikan. Hal yang penting diingat, kemampuan tersebut adalah dasar agar web sekolah dapat dioperasikan dengan baik dan dapat memahami kinerja web sekolah.

Lalu bagaimana apabila dalam satu instansi belum memiliki kemampuan blogging? Well, jawabannya adalah belajar. Sekolah dapat membentuk sebuah Tim IT dalam bidang pengelolaan web sekolah agar tidak tertumpu terhadap satu orang. Dengan pengelolaan tim IT yang baik maka pertumbuhan web sekolah akan semakin baik. Lebih lanjut mari kita bahas tips pengelolaan web sekolah berikut :

Menugaskan Anggota Sekolah Menjadi Admin Web

Hendaknya sekolah memberikan SK penugasan kepada salah minimal satu guru atau karyawan untuk mengelola web sekolah. Dengan adanya SK penugasan ini akan memberi tanggungjawab atas keberlangsungan web. Selain itu anggota sekolah juga harus mendukung dengan memberikan tulisan kepada operator web sehingga tidak semua urusan web seperti artikel hanya dibuat admin karena adanya keterbatasan admin web sendiri.

Rutin Update Berita Sekolah

Website sekolah merupakan rujukan informasi resmi dari sekolah. Berita yang rutin diupdate akan menunjukkan adanya ekosistem yang baik dalam bidang pemberitaan. Sekolah tidak akan kehabisan bahan untuk diupdate. Akan ada banyak update berita apabila admin web memiliki waktu dan inisiatif untuk mengupdatenya. Lalu bagaimana mengelola informasi yang sangat banyak untuk diupdate di web sekolah? Jawabannya adalah bentuk tim berita sekolah. Tim ini berada di bawah naungan Wakil Kepala Sekolah bidang Humas yang bertugas memberitakan secara online baik web atau sosmed.

Penerapan SEO

Dalam dunia website erat kaitannya dengan Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan sebuah metode agar website berada di peringkat teratas dalam pencarian google atau dari istilah google “page one”. Dengan teknik SEO yang mumpuni sebuah website sekolah akan berada di halaman awal sehingga pemberitaan sekolah di website akan selalu terbaca oleh search engine google. Hasil akhir dari penerapan SEO adalah web sekolah dapat dikunjungi oleh berbagai visitor.

Melengkapi Menu Website

Website sekolah yang ideal adalah website yang mampu menampung berbagai info sekolah. Web dengan basis blogger.com biasa hanya bisa menampung kabar di halaman awal atau halaman post saja. Dengan menggunakan platform cms berbeda sebuah web dapat membuat kolom kolom khusus layaknya di web sma13smg.sch.id ini. Contoh menu yang dapat digunakan sebagai pelengkap web sekolah diantaranya, menu agenda, pengumuman, blog guru, prestasi siswa, kabar ekstrakurkuler, galeri, video dan fasilitas. Dengan adanya kolom – kolom khusus ini memudahkan visitor untuk mencari info terupdate dari sekolah kita.

Perkuat Security Website

Domain sch.id merupakan domain resmi dari pemerintah pada platform web sekolah. Domain ini menjadi sasaran empuk para hacker untuk menyerang karena prestis domain pemerintah lebih tinggi daripada menyerang website biasa. Oleh karena itu seorang admin web harus dapat menguasai security web agar tidak dibobol oleh hacker.

Gunakan CMS yang Cocok

Pemilihan CMS haruslah menimbang berbagai aspek diantaranya budget, customisasi, keleluasaan pemrograman, user friendly. CMS yang dapat dipilih diantaranya, balitbang, blogger, wordpress, jomlaa dan lain – lain. Sesuaikan kebutuhan dengan CMS yang tersedia, apabila tidak mengetahui CMS tersebut silahkan berkonsultasi dengan ahli dibidangnya.

Gunakan Hosting Sesuai Kebutuhan

Apabila anda memilih untuk menggunakan web berbasis server hosting, sesuaikan kebutuhan pengelolaan file dengan space limit di hosting masing – masing. Jangan upload file yang tidak penting di hosting karena akan memakan space di penyimpanan website. Gunakan gambar yang sudah terkompres agar hosting sekolah muat banyak file untuk bertahun – tahun.

Kesadaran Membuat Konten pada Instansi

Berita dari sebuah sekolah tidak akan ada habisnya apabila mau diupdate berita di web. Hendaknya anggota sekolah memiliki kesadaran dalam menciptakan konten agar website sekolah dapat hidup dan tetap ramai dikunjungi pihak luar.

Saya rasa cukup sekian penjelasan lengkap mengenai tata kelola web sekolah secara subyektif dari saya. Semoga artikel ini bisa membantu para administrator web untuk lebih mendalami tugas sebagai admin web sekolah. Sekian, terimagaji.

penulis
Rahmad Ardiansyah

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR