Kamis, 02 Feb 2023
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa SMA Melalui Materi Integrasi Nasional

oleh R.Agung Budi Laksono, S.Pd., M.Pd.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan khususnya bagi siswa SMA tentang Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika secara terus menerus perlu ditingkatkan untuk memupuk rasa cinta kepada bangsa dan negara Indonesia. Bagaimana cara menanamkan rasa cinta tanah air pada peserta didik ? Para Guru tentunya harus mempunyai strategi mengajar yaitu dengan cara penanmpilannya yang menyenangkan, membuat materi power point yang menarik antara lain dengan disertakan contoh gambar konflik beserta cara penanggulangannya serta pencegahannya untuk menuju pada kebhinnekaan yang global  berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945, ada tanya jawab / berdiskusi, ada presentasi secara kelompok yang masing masing kelompok dengan berkostum yang berbeda beda.  Sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan akan sangat antusias dalam menerima, menyimak dan dapat mengimplementasi integrasi nasional di tingkat keluarga, masyarakat, bangsa dan negara secara global. Dengan demikian tujuan daripada pembelajaran akan tercapai dan bentuk penanaman integrasi nasional akan terwujud.

Yang dimaksud Integrasi Nasional,Integrasi Nasional berasal dari dua kata,yaitu “ integrasi “.Integrasi berasal dari bahasa Inggris yaitu integrate yang artinya menyatupadukan, menggabungkan,dan mempersatukan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,integrasi artinya pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat.Kata “ nasional “ berasal dari bahasa Inggris yaitu nation yang artinya bangsa.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi nasional mempunyai arti politis dan antropologis.-Secara Politis berarti menyatukan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk kesatuan identitas nasional. Secara Antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Dr.Nazaruddin Sjamsuddin : Integrasi Nasional sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi dan budaya. Integrasi juga meliputi aspek vertikal dan horisontal. Dimensi vertikal artinya, menyangkut upaya menyatukan persepsi, keinginan, serta harapan antara pemerintah dan rakyat.Untuk mewujudkan hal tersebut,diperlukan lembaga yang tetap sebagai jembatan dalam mengatasi perbedaan perbadaan antara pemerintah dan rakyat.Oleh sebab itu,integrasi ini biasa disebut dengan integrasi politik. Dimensi horisontal yaitu, upaya mewujudkan persatuan di antara perbedaan perbedaan yang ada dalam masyarakat.Perbedaan tersebut bisa berupa perbedaan wilayah tempat tinggal, suku bngsa, agama dan budaya. Integrasi horisontal sering disebut integrasi teritorial.

Dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bagi pelajar kegiatan upacara bukan hanya kegiatan wajib yang rutin dilaksanakan. Ada nilai-nilai yang terkandung di dalam kegiatan tersebut. Semua rangkaian dalam kegiatan upacara berkaitan dengan negara Indonesia. Ada perasaan harus ketika bendera Merah Putih dikibarkan. Sebagai seorang pelajar tentu anda juga sering mendengar atau membaca kisah perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan ini. Anda dapat merasakan nilai-nilai juang mereka. Ketika melaksanakan kegiatan upacara. Ada perasaan bangga ketika mereka berhasil mengibarkan bendera Merah Putih.  

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari penyajian artikel ini adalah untuk mengimplementasikan Integrasi Nasional Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika khususnya bagi para peserta didik,para guru tentunya harus mempunyai strategi mengajar yaitu dengan cara,penanmpilannya yang menyenangkan,membuat materi power point yang menarik antara lain dengan disertakan contoh gambar konflik beserta cara penanggulangannya serta pencegahannya untuk menuju pada kebhinnekaan yang global  berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945,ada tanya jawab/berdiskusi,ada presentasi secara kelompok yang masing masing kelompok dengan penampilan/ berkostum yang berbeda beda .

penulis
Rahmad Ardiansyah

Tulisan Lainnya

Membuat Smart School Sederhana
Oleh : Rahmad Ardiansyah

Membuat Smart School Sederhana

Bertemu Manusia Purbakala di Sangiran
Oleh : Rahmad Ardiansyah

Bertemu Manusia Purbakala di Sangiran

1 Komentar

Komentar sy sangat bagus sekali

Balas

KELUAR