Jumat, 30 Sep 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Pohon Joho

SMAN 13 Semarang memiliki kenangan tersendiri mengenai pohon joho. Dahulu pohon ini menjulang tinggi dan menjadi maskot SMAN 13 Semarang. Pohon yang diperkirakan berusia ratusan tahun ini menjadi ikon SMAN 13 Semarang hingga dibuatkan pot raksasa yang ada tepat di tengah sekolah. Pohon ini tergolong langka karena sulit untuk membudidayakan pohon joho. Keberadaannya yang rimbun menjadikan SMAN 13 Semarang menjadi sekolah yang tampak asri. Namun sayang pada akhir tahun 2019 pohon joho roboh diterjang angin hujan.

Peristiwa robohnya pohon joho disinyalir merupakan imbas dari pohon yang kopong di tengah. Inti pohon tidak ada yang tersisa hanya bagian terluarnya. Disaat musim hujan pohon joho harus menopang air di batang dan daun yang mengakibatkan patah ranting terbesar pada tahun 2018. Terlebih ketika hujan angin di akhir tahun 2019 maka robohlah pohon joho tersebut. Tulisan mengenai pohon joho sudah ditulis oleh bapak Prasetyo Utomo yang sekarang telah purna tugas di laman berikut RATU PENUNGGU POHON JOHO Oleh S. Prasetyo Utomo

Pohon joho menjadi saksi bisu berdirinya SMAN 13 Semarang. Pohon ini sering disebut mbah joho karena usianya dan sisi magis dari pohon tersebut. Keberadaanya yang menjadi ikon sekolah tidak akan dilupakan bagi generasi yang masih melihat gagahnya pohon joho SMAN 13 Semarang. Kini meskipun pohon ini telah roboh, Bapak Prawit selaku TU SMAN 13 Semarang sudah memiliki bibit pohon joho yang kemudian di tanam tepat dibawah pohon joho yang roboh. Besar harapan kami keluarga SMAN 13 Semarang melihat tumbuhnya kembali generasi awal pohon joho tersebut. Untuk itu kami dari Tim IT mempersembahkan kenangan berdirinya pohon joho yang sudah kami anggap sebagai bagian penting dari sekolah kami.

KELUAR