Rabu, 01 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Gelar Karya Projek P5 : SMAGALAS Creative Fair 2023

SMAN 13 Semarang menyelenggarakan gelar karya projek P5 dengan tema kewirausahaan untuk kelas XI berjudul “SMAGALAS Creative Fair 2023” pada 9 November 2023. Gelar karya kali ini dimeriahkan dengan pemutaran lima film pendek yang masuk dalam nominasi terbaik dari hasil karya projek P5 Bangunlah Jiwa Raganya pada kelas X. Selain itu juga diresmikan tugu ecobrik dengan judul “I Love SMAGALAS” yang merupakan hasil dari projek P5 Gaya Hidup Berkelanjutan pada siswa kelas X. Acara dihadiri oleh sejumlah tamu undangan diantaranya dari perwakilan dari BBGP Jawa Tengah, SMAN 16 Semarang, SMA Nurul Islam, SMK Ma’arif, SMA Islam Al Azhar 14 dan tamu undangan paguyuban orang tua.

Acara pembukaan dibuka oleh bapak kepala sekolah Rusmiyanto, S.Pd., M.Pd. yang menjelaskan bahwa SMAN 13 Semarang adalah sekolah yang hidup dengan kegiatan akademik terutama mengembangkan potensi siswa, potensi guru, potensi masyarakat dan lain sebagainya. “Tema kewirausahaan menjadi sangat relevan pada generasi saat ini yang penuh dengan inovasi dan tentunya punya mindset lebih maju untuk mengembangkan sesuatu. Tema Projek P5 menjadi wadah mereka untuk mengembangkan bidang ini agar mereka punya jiwa entrepreneurship.” tambahnya.

Acara SMAGALAS Creative Fair 2023 menampilkan karya kewirausahaan siswa kelas XI dalam bentuk produk yang dijual. Pihak sekolah berharap melalui kewirausahaan ini siswa dapat mengembangkan produk yang ada di sekitar siswa untuk menjadi produk siap jual dan menjalankan roda perekonomian di lingkungan sekitar siswa. Beberapa produk yang dijual diantaranya aneka olehan durian, aneka olahan mangga, sabun, anake olahan jamu dan lain – lain.

Selain meresmikan dibukanya gelar karya projek P5 kewirausahaan, pak Rus (sapaan akrab bapak Rusmiyanto) juga meresmikan tugu ecobrik sebagai hasil karya kelas X pada projek P5 Gaya Hidup Berkelanjutan. Tugu ecobrik dipilih untuk menunjukkan bahwa sampah plastik yang selama ini terbuang sia – sia dapat dimanfaatkan untuk dijadikan produk. Selain ecobrik juga dibuat papan informasi mengenai informasi penguraian bahan limbah yang mencapai masa bervariasi hingga 450 tahun penguraian dari satu limbah.

Aula SMAN 13 Semarang juga dimanfaatkan untuk penayangan film pendek yang mendapat nominasi pada gelar karya P5 Bangunlah Jiwa Raganya. Pemutaran film dilakukan bergantian dari kelas – kelas yang diundang ke acara gelar karya. Terlihat siswa, guru maupun tamu undangan menikmati acara dari gelar karya yang diadakan terpusat di Aula dan tempat parkir. Acara selesai pada pukul 15.00 dengan produk siswa terjual habis dan kegiatan berjalan lancar hingga usai. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta kekompakan siswa dalam mempersiapkan acara, serta dari pihak sekolah yang memanajemen secara matang dalam persiapan hingga pelaksanaan. Sampai jumpa di gelar karya P5 selanjutnya.

Dokumentasi

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR