Minggu, 28 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Tari Barong di SMAN 13 Semarang

Tari Barong bagi masyarakat Bali adalah salah satu tarian yang cukup terkenal. Tarian yang berasal dari Bali ini bukan hanya sekedar sebuah tarian pertunjukan namun juga ada makna unsur-unsur kepercayaan di dalamnya. Tari Barong ini menceritakan tentang mitologis gambaran binatang yang memiliki kekuatan gaib dan dianggap dapat melindungi manusia.

Talent Show SMAN 13 Semarang, Rabu 15 Februari 2023 mengambil tema yang sama “Tari Barong”.  Kelas X E 7 dan X E 8 secara tidak sengaja ternyata memilih tema yang sama pada kegiatan Talent Show kali ini.  Tampilan kedua kelas ini dikemas dengan musikalisasi yang sedikit berbeda disertai tampilan gerakan dan tari modern.  Munculnya Barong tentunya menjadi daya tarik tersendiri.  Kepiawaian para siswa menampilkan gerakan – gerakan tarian dan totalitas dalam pertunjukan memberikan nilai lebih.  Talent show yang rutin dilaksanakan setiap hari rabu ternyata memunculkan potensi dan bakat – bakat terpendam serta memacu kreatifitas siswa.  Sungguh diluar ekspektasi harapan sekolah diawal kegiatan ini.

Tari Barong menceritakan tentang pertarungan antara Barong dan Rangda, juga dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti) serta para pengikut Rangda. Dalam tarian ini, Barong melambangkan kebaikan dimana penari menggunakan kostum binatang berkaki empat dan keburukan yang dilambangkan dengan Rangda, yaitu sosok menyeramkan dengan dua taring runcing mulutnya. Sebagai salah satu tradisi yang menjadi warisan budaya, Tari Barong memang wajib untuk terus dilestarikan. Keunikannya, makna, serta alur cerita yang menarik tentu mampu membuat siapapun kagum ketika melihatnya.

Adanya talent show yang semakin beragam membuat siswa semakin kreatif dan terus menggali potensi serta kearifan lokal yang ada di sekitar Mijen dan Indonesia pada umumnya.  Penanaman karakter Profil Pelajar Pancasila mulai tampak pada siswa SMAN 13 Semarang.  Sejalan dengan slogan sekolah SMA 13 Progresif.  Semoga kegiatan ini terus berjalan dan memberi makna serta manfaat positif bagi civitas akademika SMAN 13 Semarang. (Yani Nurhayati)

Dokumentasi

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR