Kamis, 02 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

“Pelatihan Broadcasting” Study Banding SMAN 13 Semarang ke B7, FBS, UNNES

SMAN 13 Semarang mengadakan acara study banding ke B7, FBS, UNNES dengan tema study banding “Pelatihan Singkat Broadcasting”. Terselenggaranya acara ini merupakan wujud nyata keseriusan SMAN 13 Semarang mewujudkan sekolah berbasis digital untuk memajukan dokumentasi sosial media dan website sekolah. B7TVHD merupakan pegiat konten digital yang bermarkas di B7, FBS, UNNES. B7TVHD menjadi rujukan belajar broadcasting karena latarbelakang kelompok ini yang serius mendalami dunia broadcasting. Study banding dilakukan oleh Tim Smagalas Media dan empat siswa perwakilan dari jurnalistik.

Acara study banding SMAN 13 Semarang ke B7TVHD dilaksanakan pada Kamis, 24 Maret 2022 pukul 13.30. Acara ini spesial karena kepala sekolah Bapak Rusmiyanto juga ikut menyertai tim Media Smagalas untuk berkunjung ke FBS, UNNES. Study banding diterima baik oleh ketua jurusan Sendratasik. Dalam sambutan sekertaris jurusan Sendratasik, Slamet Haryono menjelaskan hubungan kampus dan pihak luar saat ini harus diintensifkan salah satunya hubungan dengan instansi pendidikan. Dalam paparannya, pembuatan konten digital dianggap sangat penting dalam era globalisasi saat ini. Namun, ada hal penting yang perlu diperhatikan oleh generasi milineal yaitu agar tidak menyalahi norma dan bersinggungan dengan ranah hukum. Sekertaris jurusan berharap hubungan baik dengan SMAN 13 Semarang hendaknya tetap berlanjut bukan hanya study banding mengenai broadcasting melainkan kegiatan seni seperti angklung, tari, dan lain sebagainya.

Acara dilanjutkan dengan materi pelatihan yang diawali pemaparan materi dari bapak dosen Hasan Bisri yang menjelaskan pentingnya koordinasi dan jiwa menejerial dalam kegiatan broadcasting. Dalam paparannya beliau menyebutkan bahwa setiap anggota tim broadcasting harus paham jobdesknya dan berinisiatif untuk menjaga irama kekompakan tim broadcast tanpa harus diperintah oleh ketua tim broadcasting.

Pembicara kedua adalah bapak Usman yang menjelaskan mengenai live streaming. Materi yang dibawakan sangat menarik mengingat SMAN 13 Semarang sedang mempelajari detail broadcasting live streaming. Bapak Usman menjelaskan teknis di lapangan, peralatan penunjang hingga pengorganisasian tim broadcast untuk mencapai kesuksesan acara.

Pembicara terakhir adalah Bapak Andhika Kurniawan yang merupakan salah satu editor dan penggerak di Channel Youtub B7TVHD. Bapak Andika menjelaskan spesifikasi peralatan broadcasting, teknik dasar merekam hingga menganalisa acara live streaming “Beli dan Makan Buah Lokal” yang sebelumnya dilakukan oleh tim Smagalas Media. Sesi tanya jawab dan problem solving berlangsung hangat karena pihak SMAN 13 Semarang memiliki banyak hal yang diutarakan kepada B7HDTV mengenai broadcasting.

Terakhir, acara study banding ditutup melalui penyerahan plakat secara simbolis oleh Bapak Rusmiyanto. Kepala Sekolah berterimakasih sebesar besarnya kepada pihak FBS yang mau menerima Tim Smagalas Media dalam kunjungan study banding. Kepala sekolah berharap acara seperti ini dapat berlanjut sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 13 Semarang.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR