Mengenal Jenis – Jenis Pasar, Karakteristik dan Contohnya
Anda disini : Beranda - Materi + Tugas - Mengenal Jenis – Jenis Pasar, Karakteristik dan Contohnya
Menurut ilmu ekonomi, pasar adalah tempat atau proses interaksi antara permintaan dan penawaran dari suatu barang atau jasa tertentu, sehingga dapat menetapkan harga keseimbangan atau harga pasar dan jumlah yang diperdagangkan. Proses bertemunya penjual dan pembeli akan membentuk kesepakatan harga, interaksi dan proses jual beli. Aktivitas dua subjek pokok, produsen dan konsumen akan menentukan pembentukan harga barang di pasar. Dalam kehidupan sehari – hari, pasar menjadi tempat yang penting untuk mendapatkan berbagai kebutuhan berupa barang. Terdapat banyak jenis pasar berdasarkan kategori – katergori, diantaranya :
Jenis – Jenis Pasar dan Contohnya
Jenis – Jenis Pasar Berdasarkan Wujudnya atau Bentuk Kegiatan
Pasar nyata atau disebut pasar kongkret adalah dimana pasar terjadi secara langsung yang mempertemukan penjual dan pembeli serta menghasilkan proses transaksi. Contoh pasar nyata adalah pasar tradisional dan swalayan.
Pasar abstrak adalah pasar yang proses jual belinya tidak dilakukan secara langsung atau kasat mata. Pada pasar abstrak barang yang diperjualbelikan tidak disediakan secara nyata dan menggunakan pihak ketiga. Contoh pasar abstrak adalah marketplace, pasar valuta asing dan pasar saham.
Jenis – Jenis Pasar Berdasarkan Waktu
Pasar harian adalah pasar yang buka setiap hari. Contoh pasar tradisional.
Pasar mingguan adalah jenis pasar yang buka satu kali dalam seminggu. Pada jenis ini biasa dijumpai pada daerah desa atau kampung yang masyarakatnya relatif sedikit.
Pasar bulanan adalah pasar yang buka satu bulan sekali dan umumnya dibuka pada bulan – bulan tertentu.
Pasar tahunan adalah pasar yang dibuka satu kali dalam satu tahun. Contohnya Pekan Raya Jakarta (PRJ).
Pasar temporer adalah pasar yang dibuka pada waktu – waktu tertentu yang sifatnya tidak rutin dan tidak bisa diprediksi kapan diadakannya. Contoh : bazar.
Jenis – Jenis Pasar Berdasarkan Cara Transaksinya
Pasar tradisional yaitu pasar yang masih bersifat tradisional yang ditandai dengan bertemunya penjual dan pembeli secara langsung, terjadinya proses tawar menawar dan umumnya menyediakan kebutuhan sehari – hari.
Pasar modern yaitu pasar yang menggunakan sistem modern seperti harga yang tidak bisa ditawar dan memiliki layanan yang lengkap dalam penyelenggaraan proses jual beli. Contohnya adalah swalayan dan supermarket.
Jenis – Jenis Pasar Berdasarkan Jenis Barangnya
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual berbagai macam kebutuhan konsumsi sehari – hari. Biasanya komoditas yang dijual bervariasi seperti sayuran, daging dan buah.
Pasar sumber daya produksi adalah pasar yang menjual faktor – faktor produksi, mulai tenaga kerja, mesin, alat berat dan tenaga ahli.
Jenis – Jenis Pasar Berdasarkan Luas Wilayah Kegiatannya atau Ruang Lingkup
Pasar regional yaitu pasar yang mencakup beberapa negara dalam satu wilayah tertentu dan dalam naungan regional. Contohnya pasar Asia Tenggara yang dinaungi oleh ASEAN.
Pasar lokal adalah jenis pasar yang mencakup daerah tertentu dan menawarkan kebutuhan masyarakat sekitar. Contohnya adalah Pasar Klewer di Solo.
Pasar nasional adalah pasar yang kegiatannya mencakup satu negara dan menjual kebutuhan masyarakat di negara tersebut.
Pasar internasional adalah pasar yang mencakup negara – negara di dunia dan menjual produk kebutuhan masyarakat dunia. Contohnya pasar kopi di Brazil.
Jenis – Jenis Pasar Berdasarkan Persaingan Organisasinya
Persaingan sempurna (perfect competition market) adalah jenis pasar dengan penjual dan pembeli dengan barang yang homogen. Sehingga, harga barang tidak bisa ditentukan oleh masing – masing penjual maupun pembeli. Contoh Pasar Tanah Abang di Jakarta.
Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market) adalah pasar dimana penjual bebas menentukan harga dan jumlah barang yang bersifat heterogen. Berikut adalah jenis pasar persaingan tidak sempurna :
Pasar monopoli, pasar yang dikuasai oleh satu penjual
Pasar duopoli, pasar yang dikuasai dua perusahaan
pasar oligopoli, pasar yang memiliki beberapa penjual yang menawarkan satu jenis barang