Jumat, 19 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

SMAGALAS EDUCATION FAIR 2024

Salah satu Kegiatan unggulan di SMAN 13 Semarang adalah Smagalas Edufair. Memasuki tahun kedua, Smagalas Edufair dengan tema “Right Education, Brighten Up Your Future” berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 5 dan 6 Maret 2024.  Kegiatan ini didukung oleh beberapa Perguruan Tinggi Swasta dan Bimbingan Belajar.

Hari Selasa (5/3/2024) dilaksanakan kegiatan sosialisasi dalam ruang kelas XII MIPA dan XII IPS.  Mulai pukul 07.20 – 15.30.  Tujuan dari kegiatan ini sendiri yaitu agar para siswa kelas XII dapat mengenal lebih jauh perihal perguruan tinggi beserta jurusannya sebagai persiapan dalam memasuki pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Adapun universitas yang hadir, yakni dari Universitas STEKOM, UKSW, UNISBANK, BANK JATENG, SCU, ATPIKA, STIKOM, UDINUS, MERCU BUANA, GRAHA WISATA, ITBS, serta PT IDEA. Setiap universitas sendiri diwakili oleh mahasiswa maupun dosen kampus masing-masing demi mengisi kegiatan kali ini. Mereka memasuki setiap ruang kelas XII sesuai jadwal yang sudah ditentukan untuk mempromosikan universitas mereka. Promosi yang dilakukan pun sangat informatif dan detail, mulai dari lokasi, program studi, harga, fasilitas, hingga peluang kerja setelah lulus dari universitas yang dipromosikan dapat diterangkan dengan baik kepada siswa/siswi. Selain itu, beberapa kampus juga memberikan brosur mengenai kampus mereka agar para siswa dapat mengingat informasi yang telah diberikan.

Sementara pada hari Rabu (6/3/2024) merupakan kegiatan Expo / pameran yang dilaksanakan di Aula SMAN 13 Semarang. Diikuti oleh :  ATPIKA; ⁠STIKOM; ⁠USM; ⁠Graha Wisata; ⁠UNIMUS; ⁠STEKOM; ⁠UNISBANK; ⁠ITBS; ⁠UKSW; ⁠Bimbel BTW; ⁠UNIV. WIDYA HUSADA; ⁠SCU; ⁠UDINUS, UNTAG dan UPGRIS. Diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian Sambutan Ketua Panitia (Waka Kesiswaan, Ibu Rubiyatun, S.Pd.) dan Sambutan Kepala Sekolah (diwakili Waka Kurikulum, Ibu Istiana, S.Pd).   Kegiatan expo juga memberikan promosi yang lebih informatif dan detail, mulai dari lokasi, program studi, harga, fasilitas, hingga peluang kerja setelah lulus dari universitas yang dipromosikan dapat diterangkan dengan baik kepada siswa/siswi. Selain itu, beberapa kampus juga memberikan brosur mengenai kampus mereka agar para siswa dapat mengingat informasi yang telah diberikan.  Tak lupa juga, para siswa dapat menanyakan informasi lebih dalam seputar universitas yang ada di setiap sesi tanya-jawab. Beberapa universitas pun bahkan memberikan hadiah kepada siswa/siswi yang antusias dalam bertanya.

Siswa/siswi saat kunjungan ke stand perguruan tinggi diberikan kartu kendali untuk mendapatkan stiker sebagai tanda bukti sudah mengunjungi stan universitas yang ada. Smagalas Edufair tahun kedua ini juga mengundang perwakilan dari beberapa sekolah terdekat.  Diantaranya SMAN 7, SMAN 8, SMAN 12, SMAN 16, SMA dan SMK Ma’arif, SMA Nurul Islami dll.  Smagalas Expo juga dimeriahkan dengan penampilan siswa siswi SMAN 13 Semarang (Band, Modern Dance dan Lagu),  tidak lupa ada penampilan spesial guest dari kakak-kakak dancer UDINUS.

Dengan adanya kegiatan Smagalas Edufair 2024, diharapkan para siswa dapat menerima informasi secara lengkap mengenai beberapa universitas yang ada sebagai pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi nantinya, serta dapat memilih jurusan yang tepat sesuai minat bakat masing-masing.

Penulis : Yany Nurhayati, S.TP.

Download

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR