Rabu, 22 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

IMPLEMENTASI KARAKTER GOTONG ROYONG DAN MANDIRI MELALUI KEGIATAN POSBINDU OLEH KADER KESEHATAN SMAN 13 SEMARANG

POSBINDU atau Pos Pembinaan Terpadu merupakan kegiataan skrining/monitoring pencegahan penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Kegiatan POSBINDU diberikan kepada sasaran POSBINDU dan digerakkan secara bergotong royong serta kolaborasi  bersama kader kesehatan yang terdiri dari anggota PMR SMAN 13 Semarang dengan Puskesmas Mijen.  Para kader kesehatan sebelumnya  mendapatkan pelatihan terlebih dahulu oleh Dinas Kesehatan dari Puskesmas Mijen. Pada hari Jumat, 1 Maret 2024, SMA Negeri 13 Semarang melaksanakan kegiatan POSBINDU PTM yang bertempat di aula SMAN 13 Semarang.  Kegiatan POSBINDU ini sudah berjalan sejak tahun 2023 dan dilaksanakan setiap 1 bulan sekali.

Sasaran POSBINDU pada kegitan kali ini ialah beberapa guru dan  peserta didik. Tujuan  kegiatan ini agar peserta secara mandiri  dapat mencegah penyakit tidak menular yang diakibatkan oleh pola hidup tidak sehat yang mampu berefek secara jangka panjang untuk ke depannya.

Kegiatan ini dimulai dengan briefing oleh pengawas POSBINDU yang berasal dari Puskesmas Mijen, pemanggilan sasaran POSBIND, dilanjut dengan registrasi terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan pemeriksaan beberapa pos, meliputi:

  1. POS 2, kegiatan wawancara riwayat PTM
  2. POS 3A, kegiatan pengukuran BB, TB disertai IMT
  3. POS 3B, kegiatan pengukuran lingkar perut
  4. POS 4A, kegiatan pemeriksaan tensi
  5. POS 4B, kegiatan pemeriksaan HB beserta dengan gula darah
  6. POS 5, kegiatan edukasi dan konseling serta pengambilan kesimpulan dari hasil pemeriksaan

Penulis : Musyarofah, S.Pd.

Dokumentasi :

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR