Rabu, 22 Mei 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Kegiatan Bulan Bahasa SMAGALAS 2023

Pada Senin tanggal 30 Oktober 2023, SMA Negeri 13 Semarang memperingati bulan bahasa dengan mengadakan lomba. Perlombaan diadakan dengan menjalankan lomba lomba dengan bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa. Selaku panitia OSIS MPK SMA Negeri 13 Semarang, bersama dengan guru pembimbing menyusun struktur kegiatan lomba bulan bahasa, dengan meriah. Bapak kepala sekolah SMA Negeri 13 Semarang mengapresiasi kegiatan lomba bulan bahasa. Beliau memberikan sambutan untuk membuka acara pada hari tersebut, dilakukan setelah upacara memperingati hari Sumpah Pemuda.

Siswa – siswi SMA Negeri 13 Semarang ikut memperingati bulan bahasa. Mereka dengan antusias yang tinggi,mengikuti setiap perlombaan yang diadakan. Para guru tidak kalah antusia, bapak-ibu guru memeriahkan acara dengan menjadi dewan juri perlombaan. Sekolah medukung kegiatan lomba bulan bahasa, menyediakan fasilitas yang memadai. Hari perlombaan diadakan dengan penuh antusias dari warga SMA N 13 Semarang.

Berikut adalah lomba – lomba beserta pemenangnya pada bulan bahasa:

  •  Lomba Pidato

Lomba Pidato 2 bahasa dilakukan di Aula SMAN 13 Semarang. Dengan tema Dengan Bahasa Kita Berkarya, Dengan Bahasa Cerdaskan Generasi Muda membuat para audience sangat bersemangat dalam mengikuti perlombaan ini. Bahasa yang digunakan yaitu Bahasa Indonesia, yaitu bahasa sehari hari yang kita gunakan dalam berkomunikasi. Bahasa kedua yang digunakan yaitu, Bahasa Jawa yang merupakan bahasa daerah masyarakat Jawa. Ini merupakan salah satu upaya pelestarian budaya.

  • Lomba Pojok Baca

SMA N 13 Senarang merupakan sekolah yang menerapkan sistem literasi setiap harinya. Untuk mendukung program ini, kami menciptakan Lomba Pojok Baca yang mana memfasilitasi anak anak dalam kegiatan literasinya. Selain memfasilitasi siswa dalam literasi, ini bertujuan untuk memperindah kelas dengan kreativitas siswa dalam menghias pojok kelas. Lengkapnya buku fiksi dan non-fiksi ini menjadi salah satu kriteria penilaian dalam perlombaan ini. Tentunya ini mendukung kegiatan literasi yang ada di SMA N 13 Semarang.

  • Lomba Spelling Bee

Lomba ini diadakan di Lab Komputer 2 SMA Negeri 13 Semarang. Spelling bee terdiri dari 4 level yaitu easy, medium, hard, extreme. Peserta Spelling Bee berjumlah 24 orang, dalam tiap level akan mengeliminasi beberapa peserta yang tidak dapat menjawab. Lomba ini membantu para siswa untuk mendapat ilmu mengeja kata dalam bahasa Inggris.

Seperti yang kita tau, bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang perlu dikuasai oleh semua orang. Lomba Spelling Bee ini mendorong minat para siswa terhadap bahasa Inggris

  • Lomba Puisi

Lomba ini diadakan di lab komputer 3 SMAN 13 Semarang, puisi yang dibacakan oleh peserta dapat membuat juri kagum. Peserta membacakan puisi yang ditentukan dengan ekspresif dan menghayati. Kemampuan peserta dalam membacakan puisi sangat baik sehingga mendapat respon positif.

 Puisi yang dibacakan merupakan bentuk pelestarian bahasa Indonesia dalam bentuk Karya tulis tangan dengan majas yang menarik didengar.

SMA Negeri 13 Semarang ikut serta meriahkan Bulan Bahasa dengan beragam perlombaan, termasuk lomba pidato, pojok baca, spelling bee, dan puisi. Kepala sekolah memberikan apresiasi, siswa dan guru terlibat dengan antusias, menunjukkan dukungan sekolah terhadap kegiatan tersebut. Lomba pidato, pojok baca, dan puisi menghadirkan pemenang dari berbagai kelas, sementara spelling bee memperkuat minat siswa terhadap bahasa Inggris. Keseluruhan acara mencerminkan semangat pelestarian bahasa dan budaya, menciptakan atmosfer penuh antusiasme di SMA N 13 Semarang. (Jurnalistik OSIS SMK SMAN 13 Semarang).

Dokumentasi

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR