Minggu, 14 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Semarak Edufair 2023 SMAN 13 Semarang

SMAN 13 Semarang, di pertengahan bulan tepatnya Senin, 13 Maret 2023 menyelenggarakan kegiatan Education Fair (EduFair).   Edufair bisa menjadi barometer kualitas pendidikan ketika siswa dihadapkan banyak pilihan, jurusan mana nantinya yang dipilih untuk menempa studi lanjutnya di perguruan tinggi.  Ketika siswa masih banyak yang bingung.   Edufair memiliki tujuannya  agar siswa, orang tua siswa/wali serta masyarakat mendapat gambaran jelas tentang pentingya memilih sekolah yang baik dan menjamin mutu pendidikannya.

Kegiatan Edufair dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan opening “Tari Semarak Dugderan” oleh Mita Dhiya Handini; Olamanda Imanissa; Miana Wati; dan Naysalwa Kinkan dari kelas X E 3.  Ibu Wulan Cahyani Fitri, S.Pd selaku pembawa acara selanjutnya membuka kegiatan Edufair 2023.   Acara kedua adalah menyanyikan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Rini Yuniastuti, S.Pd., M.M.  Dilanjutkan sambutan Ketua Panitia Ibu Rubiyatun, S.Pd., beliau mengatakan tema dalam Edufair Tahun ini yakni “Prepare Yourself for better future .

Kepala Sekolah SMAN 13 Semarang Rusmiyanto, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Edufair ini merupakan momentum  penting untuk membuka wawasan peserta didik SMAN 13 Semarang tentang dunia Perguruan Tinggi dengan cara menghadirkan aneka kampus langsung lebih dekat ke sekolah.   Peserta didik pun dapat mengetahui gambaran umum  perguruan tinggi dan membantu mereka dalam menentukan pilihan kampus sesuai yang mereka minati saat kuliah nanti.

Adapun kampus yang diundang dan hadir dalam Edufair kali ini berjumlah 15, yakni Unika, Untag, Unwahas, Unissula, Udinus, ITB, STIE Bank Jateng, STEKOM, Stikes Tlogorejo, Stikes Widya Husada, USM, STIEPARI, Unisbank, UMS dan Unnes (Alumni).  Kepala SMAN 13 Semarang, Rusmiyanto mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat, lebih khusus kepada kampus-kampus yang hadir membuka stand.

Kegiatan Edufair diisi dengan penampilan presentasi masing-masing kampus peserta Edufair.  Setelah presentasi, siswa dipersilahkan mengunjungi stand – stand dengan membawa kartu kendali.  Selain para guru dan peserta didik, orang tua kelas XII juga turut hadir dan diundang dalam kegiatan ini.   Panitia juga mengundang peserta didik dari 12 sekolah sekitar Mijen (SMAN  7, SMAN 8, SMAN 12, SMAN 16, SMAN 1 Boja, SMA Al Azhar 16, SMK Ma’arif, SMK Palapa, SMA/SMK Nuris, SMA Muhammadiyah, dan SMK Ashabul Khafi) untuk memberikan manfaat dari kegiatan Edufair tersebut.  

Stand-stand kampus lantas dibanjiri kunjungan peserta didik dan orang tua setelah presentasi dari kampus-kampus.  Tampak setiap stand membagikan brosur, merchandise dan melayani tanya-jawab para pengunjung.  Tidak hanya Kelas XII, Kelas X dan XI juga diarahkan sejak dini mengenal dunia kampus.  Mereka pun mengunjungi setiap stand kampus dan diberikan kesempatan untuk menanyakan banyak hal terkait dunia kampus.  Beberapa informasi yang wajib peserta didik dapatkan dalam kunjungan ke stand-stand kampus adalah profil kampus, informasi jurusan, prospek kerja dan beasiswa yang ada.

Pada saat peserta didik mengunjungi stand-stand perguruan tinggi, dihibur dengan penampilan dari Ekstra Musik SMAN 13 Semarang berupa Band Akustik/  Serenade Musik, Modern Dance kelas XI MIPA 2 teridiri dari Ahsa Pinkdalova M.A ; Armya Ayu Navita; Alya Rahmah; Farrel Anindya A.; Sybia Cintya Asyura; dan Zhafarina Mazaya F.S., Solo Vocal Alya Cinta X E2 dan Duo Shallom dan Kheisya X E4, dan Tari Semarangan (ekstra Tari) terdiri dari : Mita Dhiya Handini (XE-3); Aisyah Kurnia (XI A2), Lintang Reteika (XI S4); dan Anindya Sekar (XE-8).  Dari UKM tidak lupa mengisi acara hiburan diantaranya dari STIE Bank Jateng, UNTAG dan UNWAHAS.   Edufair diakhiri oleh MC pada pukul 14.00 WIB.

Adanya kegiatan Edufair ternyata membawa semangat baru bagi para siswa, mereka sangat antusias menyambut dan mengikuti acara dari awal hingga akhir.  Dari pihak perguruan tinggi secara umum sangat mengapresiasi semangat dari para siswa, dengan adanya kegiatan edufair mereka bisa bertatap muka dan menyampaikan berbagai informasi terkait perguruan tingginya dan berharap setiap tahun bisa mengisi kegiatan Edufair di SMAN 13 Semarang.  Bagi para siswa, mereka berharap tahun depan akan banyak perguruan tinggi yang terlibat dan waktunya bisa lebih panjang, 2 – 3 hari. 

Dokumentasi

Post Terkait

2 Komentar

Pojok Dtangsel, Minggu, 9 Apr 2023

Cara melakukan kerjasama dengan kampus – kampsnya seperti apa nie mas?

Balas

KELUAR