Jumat, 30 Sep 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Layanan Kantin Virtual SMAGALAS

SMAN 13 Semarang mempersembahkan layanan kantin virtual SMAGALAS sebagai bentuk kepedulian terhadap berbagai masalah kantin konvensional. Kantin virtual SMAGALAS merupakan kantin berbasis digital yang memberikan pengalaman berbeda dengan kantin konvensional. Layanan kantin virtual menitikberatkan kepada pemesanan online di kantin guna mengefektifkan proses jual beli.

Ide dasar layanan kantin virtual adalah adanya berbagai masalah yang timbul dari aktivitas kantin konvensional seperti proses antrian yang lama hingga terjadi bootleneck; kesalahan penghitungan pada kasir, adanya siswa yang tidak membayar hingga masalah higienitas. Masalah tersebut muncul akibat tidak selarasnya antara jumlah siswa yang membeli dan jumlah kantin yang tersedia. Dari latarbelakang tersebut Tim IT SMAN 13 Semarang mengembangkan sebuah sistem pembelian secara digital bernama Kantin Virtual SMAGALAS.

Kantin Virtual SMAGALAS merupakan layanan berbasis web yang terintegrasi dengan whatsapp. Konsep dasar Kantin Virtual SMAGALAS adalah siswa melakukan pembelian secara online, petugas kantin menerima pesanan dan melakukan packing belanjaan, dan siswa melakukan pembayaran baik secara digital maupun cash di kantin kejujuran. Berbeda dengan sistem gofood maupun platform sejenis, Kantin Virtual SMAGALAS tetap melakukan transaksi di kantin namun telah disiapkan pesanan sebelumnya sehingga ketika siswa datang pesanan tinggal membayar dan ambil barang. Cara ini lebih efektif daripada cara konvensional dengan mengantri.

Berikut adalah tata cara order di Kantin Virtual SMAGALAS

Layanan kantin virtual juga menjadi salah satu bukti digitalisasi sekolah. Dengan adanya kantin virtual diharapkan siswa lebih mudah melakukan transaksi di kantin, membiasakan anak memanfaatkan gadget dengan benar, menghindari kerumunan, menghindari kontak fisik dan menjaga makanan tetap higienis. Packaging dari pesanan siswa juga menggunakan alat terbuat dari bahan daur ulang atau ramah lingkungan sehingga siswa secara tidak langsung belajar mengenai bahan bahan yang digunakan untuk pengganti plastik.

SMAN 13 Semarang masih berbenah dalam hal ini sehingga masih dilakukan evaluasi berkelanjutan untuk mendapatkan sistem yang paling bagus guna mewujudkan sistem jual beli yang efektif. Selalu berbenah, berinovasi dan semakin maju. SMAGALAS Progresif.

Dokumentsi

Interface aplikasi Kantin Virtual SMAGALAS
Testimoni aplikasi kantin virtual oleh siswa
Penilai Lomba Sekolah Sehat melakukan ujicoba penggunaan aplikasi Kantin Virtual SMAGALAS

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR