Senin, 29 Apr 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

PENGLEPASAN SISWA KELAS XII SMAN 13 SEMARANG TAHUN 2021/2022

Pada hari Kamis, tepatnya tanggal 12 Mei 2022 SMA Negeri 13 Semarang mengadakan kegiatan Penglepasan Siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022.  Acara diikuti seluruh siswa kelas XII baik secara luring maupun daring (zoom meeting), perwakilan orang tua murid, Dewan Guru, Komite dan Paguyuban Orangtua siswa kelas XII.  Kegiatan luring dilaksanakan di Aula SMAN 13 Semarang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara penglepasan siswa kelas XII yang mengusung tema “Penguatan Pendidikan Karakter, Apresiasi Prestasi Dan Gelar Karya Pasca Kelulusan Siswa SMAN 13 Semarang” berlangsung secara sederhana, singkat namun tidak kehilangan makna esensi dari acara.  Kegiatan dimulai pukul 08.15 dengan hadirnya Dewan Guru (Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Wali Kelas XII yang dikawal anggota Paskibra) ke dalam Aula.  Pembukaan acara oleh ibu Wulan dan Ibu Boini selaku pembawa acara, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin bapak Hadi Siswanto, S.Ag.  Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Cinta Kusumawardani (XII MIPA 1).  Acara Gelar Karya, diawali dengan menampilkan Tari Gambyong persembahan Fadiazahra Umami (XI MIPA 1) dan Tirta Buana (XI MIPA 2). 

Kata Sambutan pertama dari Kepala Sekolah Bapak Rusmiyanto, S.Pd., M.Pd.  Beliau menyampaikan bahwa capaian kelulusan seratus persen dan capaian prestasi-prestasi siswa yang lain merupakan hasil jerih payah dan ketekunan para siswa kelas XII selama 3 tahun serta doa dari orangtua, keluarga dan tentunya bimbingan dari bapak ibu guru.  Alma Mater, artinya “ibu kandung” Frasa ini kerap diterjemahkan menjadi “ibu menyusui”, “ibu yang memelihara”, atau “ibu yang mengasuh”, menyiratkan bahwa sekolah mengasupi akal budi pelajar dengan ilmu pengetahuan, ibarat seorang ibu menyusui bayinya.  Bapak ibu guru sama halnya orang tua akan terus mendoakan semoga siswanya dalam melanjutkan studi, meniti perjuangan hidup, meniti karier agar terus berjuang, berusaha keras dan tekun sebagai kunci kemuliaan hidup. Seperti dalam bahasa jawa “ Urip kudu wani rekoso”. 

Masa depan adalah cakrawala yang luas.  Anak-anak bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan asal mau berusaha.   Terakhir, Bapak Kepala Sekolah berharap anak – anak mencintai orang tua sebagai sumber doa.  Terimakasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya kepada sekolah.  “Kita berharap anak-anak terus berkarya terus senantiasa memiliki semangat belajar yang tinggi di masa pandemi, terus berkiprah nantinya berguna bagi agama,  masyarakat dan bangsa”.

Ketua Komite Bapak Drs. Mursid Zuhri, M. Si, dalam sambutannya secara daring mengucapkan selamat kepada kelas XII yang telah lulus ujian.  Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa.  Pendidikan yang baik akan  melahirkan sumberdaya yang handal bagi pembangunan bangsa.   Harapan beliau, anak – anak yang melanjutkan kuliah untuk terus memacu semanagat belajar dan menjaga nama baik almamater.  Namun tidak menutup kemungkinan bagi anak – anak yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, untuk dapatmengikuti kursus atau pelatihan.  Bagi yang sudah diterima di perguruan tinggi tanpa tes semoga dapat berperan dan memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan pribadi maupun almamater.   Terima kasih dan apresiasi kepada bapak ibu guru yang telah melaksanakan tugas dengan baik.  Semoga bapak ibu guru dapat meningkatkan kompetensi diri dan kualitas anak didik yang lebih baik lagi sehingga prestasi dan mutu pendidikan di 13 lebih baik lagi dimasa akan datang.

Bapak Pujo Handoko, selaku perwakilan Orang Tua siswa kelas XII menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak sekolah atas segala yang telah diberikan kepada putra putri.   Selaku orang tua beliau juga mohon maaf apabila putra putri selama 3 tahun ada kesalahan maupun dari pihak orangtua.  Tak lupa beliau mohon doa dari sekolah agar putra putri, selepas dari SMAN 13 Semarang bisa meraih apa yang mereka cita-citakan.  Terakhir, pesan untuk putra putri untuk selalu mengingat SMAN 13 dan menjaga nama baik almamater

Sambutan yang keempat adalah dari Perwakilan Siswa kelas XII (3 Bahasa) Zahra Nafizha Amani XII MIPA 1 (Bahasa Inggris), Alfanie Dwi Rahadjani XII IPS 4 (Bahasa Jawa) dan ditutup oleh Helmy Yusuf Wicaksono XII IPS 3 (Bahasa Indonesia).   Ketiga siswa mewakili Profil Pelajar Pancasila.   Selepas sambutan acara dilanjut dengan Gelar Karya kedua, yang menampilkan Pratita Nimpuna Purwoko (XI IPS 2) menyanyikan lagu Monokrom.

Penglepasan Siswa Kelas XII oleh Kepala Sekolah kepada perwakilan siswa Zulfa Nur Pramukti Nugroho (XII MIPA 2) dan Hanum Mirza Ababil (XII MIPA 3) ditandai dengan penyerahan secara simbolisas Serie Pantun Tema Profil Pelajar Pancasila Karya Kelas XII kepada Kepala Sekolah,  sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter di SMAN 13 semarang yaitu Berakhlak Mulia, Peduli, dan Gotong Royong, Berpikir kritis, Kreatif.  Pantun tersebut saat ini masih dalam proses cetak di penerbitan dan nantinya akan dipajang di Perpustakaan sekolah.

Gelar Karya Ketiga, Persembahan “Hymne Guru” dan “Syukur” oleh siswa kelas XII.   Dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama siswa berprestasi : Lolos SNMPTN dan Jalur raport lainnya, Prestasi non Akademik dan 3 besar siswa dengan nilai tertinggi (MIPA dan IPS).  Pemberian penghargaan sebagai wujud apresiasi atas prestasi diberikan kepada siswa dengan nilai terbaik dengan didampingi oleh orangtua.   Rizky Fajar Satria (XII MIPA 1); Zahra Nafizha Amani (XII MIPA 1), Aulia Maharani (XII MIPA 1) untuk peminatan MIPA.   Reza Oktavia (XII IPS 4), Cahaya Nur Jamilah (XII IPS 4) dan Siti Nurul Izzah (XII IPS 3).   Tidak lupa ada penampilan istimewa dari Firman Baihaqi XII IPS 3 yang menyanyikan lagu “Tatu”.  Penampilannya mewakili kelas XII dan sebagai kejutan bagi teman-temannya.

Penyerahan secara simbolis seragam kelas XII kepada pihak sekolah (kepada wali kelas masing-masing) dan dilanjut sesi foto bersama.  Kegiatan ini merupakan bentuk “Pembangunan Budaya Karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu Berakhlak Mulia, Peduli dan Gotong  Royong”.  Seragam nantinya akan diserahkan kepada adik kelas yang membutuhkan.  Acara ditutup dengan foto bersama bapak Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Wali Kelas XII dan Perwakilan Orang tua Siswa.  Sebagai penutup Gelar Karya, ditayangkan video catatan akhir tahun dari siswa kelas XII.

“Tonggak pertama telah tercapai. Saatnya untuk melebarkan sayapmu dan terbang tinggi di langit. Selamat atas kelulusanmu”

Pidato tiga bahasa siswa kelas XII
Penyerahan seribu pantun kls XII ke pihak sekolah
Penyerahan piagam siswa berprestasi
Penyerahan sumbangan seragam kelas XII
Foto bersama Kepala Sekolah, Wakil, TU dan Wali Kelas XII

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR