Senin, 07 Jul 2025
  • Selamat Datang di Website Resmi SMAN 13 Semarang

Kesadaran Berkebhinekaan Global Pada Siswa

Guna mencapai peningkatan kualitas pendidikan Kemendikbud meluncurkan program Profil Pelajar Pancasila. Sekolah sebagai unit satuan pendidikan dibawah naungan Kemendikbud menjadi ujung tombak dalam mensukseskan program Profil Pelajar Pancasila. Program ini bertujuan membentuk pelajar berkarakter nilai – nilai Pancasila. Mengapa penting menerapkan jiwa Pelajar Pancasila pada era modern saat ini? Pertanyaan ini muncul sebagai jawaban atas perubahan tantangan perkembangan zaman. Akibat perkembangan zaman, banyak disrupsi pada bidang teknologi, sosiokultural dan lingkungan yang menyebabkan lunturnya identitas anak – anak pada adat ketimuran. Nilai Pancasil dapat dijadikan pedoman bagi para pelajar sebagai individu Indonesia guna menghadapi disrupsi perkembangan zaman.

Menciptakan Generasi Berkarakter Pelajar Pancasila

Terdapat enam kriteria Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; mandiri; bernalar kritis; kebinekaan global; bergotong royong; dan kreatif. Kemendikbud melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) mencanangkan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari terbentuknya Puspeka adalah mengubah paradigma (pola pikir) dan prilaku atau sikap sesuai dengan nilai – nilai Pancasila. Dalam rangka mencapai tujuan, Puspeka menerapkan empat tahapan diantaranya :

  1. Pertama, sadar (aware) yaitu siswa lebih sadar atau peka akan lingkungan dan keadaan di sekitarnya.
  2. Kedua, siswa memahami (understand) apa yang disampaikan
  3. Ketiga, ikut serta (join) anak mulai mau masuk pada sebuah proyek pendidikan
  4. Keempat, mau melakukan (do) siswa mau mengimplementasikan

Pendidikan karakter ini akan dilakukan, baik dalam kurikulum, pedagogis, maupun penilaian.

Dukungan Berbagai Pihak

Terciptanya generasi Profil Pelajar Pancasila tidak hanya dibebankan kepada sekolah saja. Masyarakat, keluarga bahkan siswa harus turut aktif mengambil peran masing masing. Kemendikbud mendukung terciptanya generasi Profil Pelajar Pancasila melalui beragam cara salah satunya melalui modul pembelajaran guna menjadi rujukan guru dalam mensukseskan program pemerintah.

Pengembangan Karakter Berkebhinekaan Global Siswa dalam Pembelajaran

Karakter Berkebhinekaan Global menjadi tujuan utama dari Profil Pelajar Pancasila yaitu menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur. Terdapat 3 elemen kunci guna mencapai Profil Pelajar Pancasila yang berkebhinekaan global, yaitu :

  1. Mengenal dan menghargai budaya
  2. Kemampuan komunikasi inter kultural dalam berinteraksi dengan sesama
  3. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

Kebhinekaan artinya beraneka ragam, bermacam-macam, banyak, beragam, dan lain-lain, yang mengarah kepada banyanknya perbedaan yang ada dalam masing-masing kehidupan, kebhinekaan lebih tertuju pada nilai nasional, yaitu beraneka ragamnya terdapat suku bangsa, ras, agama, budaya, bahasa, dlan lain-lain yang ada pada negara Indonesia (yang mana persatuan dan kesatuan sebagai penghubung dari kebhinekaan tersebut). Kebhinekaan global adalah perasaan menghormati keberagaman. Kebhinekaan global adalah toleransi terhadap perbedaan.

Berikut ini adalah kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan jiwa berkebhinekaan global dalam kegiatan pembelajaran :

  1. Tidak pilih-pilih teman di sekolah
  2. Bergaul dengan siapa saja tanpa memandang agama, suku, ras dan sebagainya di lingkungan sekolah
  3. Menerapkan toleransi
  4. Tidak mengganggu jalannya peribadatan orang lain
  5. Menghormati teman di sekolah yang sedang menjalankan ibadah puasa
  6. Mempelajari tari Saman misalnya juga kebudayaan dari daerah lain dengan tujuan untuk melestarikannya
  7. Menonton pagelaran kebudayaan nusantara meskipun pertunjukan tersebut bukan berasal dari suku sendiri.
  8. Mempelajari bahasa asing untuk menjelajah pengetahuan
  9. Melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri
  10. Bersikap terbuka pada perkembangan -perkembangan luar
  11. Menjunjung tinggi budaya lokal
  12. Melaksanakan upacara bendera tiap hari senin.
  13. Menghargai perbedaan pendapat
  14. Mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah
  15. Menyanyikan lagu bernuansa patriotik dan rasa cinta tanah air.
  16. Mengenalkan beragam keunikan potensi daerah
  17. Melakukan pameran budaya
  18. Mengikuti lomba-lomba kebudayaan
  19. Melalukan filterisasi terhadap segala pengaruh asing yang masuk ke Indonesia
  20. Mencintai produk dalam negeri
  21. Mengikuti pekan budaya Internasional

Dengan memiliki jiwa berkebhinekaan global diharapkan siswa tidak kehilangan jati diri bangsanya yang berbhineka. Generasi Profil Pelajar Pancasila diharapkan menjadi generasi yang tumbuh dengan menghargai budayanya sendiri dan tidak menutup pengaruh dari dunia luar.

Sumber : https://blog.kejarcita.id/pelajar-pancasila-mengembangkan-karakter-berkebhinekaan-global-siswa-dalam-pembelajaran/

Post Terkait

1 Komentar

Nuraini, Selasa, 13 Des 2022

Tertera di buku apa penjelasan di atas

Balas

KELUAR