Banner
SMAN 13 Semarang OfficialSMAN 13 Semarang Official
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Agenda
09 December 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

PENTAS TEATER DALAM BAZAR KEWIRAUSAHAAN

Tanggal : 26/11/2019

 Info Sekolah

PENTAS TEATER DALAM BAZAR KEWIRAUSAHAAN

             

      Diselenggarakan di aula SMA Negeri 13 Semarang, bazar kewirausahaan berlangsung semarak dan meriah Senin (25/11/2019). Tiap kelas yang telah menciptakan produk berupa jamu latte, cendol dawet, sirup, wingko, selai, cake, es puter, dan mochi yang terjual habis pada waktu bazar, yang dimulai pukul 11.00 dan berkahir pukul 14.00. Bazar ini diawali dengan pementasan grup Senopati Band, dan ditutup dengan pergelaran teater.  

         Bazar kewirausahaan ini dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Dra. Hermawati yang memberikan apresiasi terhadap SMA Negeri 13 Semarang sebagai salah satu SMA di Kota Semarang yang mengembangkan kreativitas dalam dunia wirausaha dan berkesempatan mencetak lulusan yang punya jiwa kewirausahaan.

             Dr. Dyah Endah Wardani, M.Pd. mengatakan bahwa bazar kewirausahaan ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang digelar SMA Negeri 13 Semarang. Tema jamu diangkat para siswa dengan mempertimbangkan lingkungan sekolah yang berdekatan dengan Kampung Jamu. “Selama ini warga Kampung Jamu memproduksi dan menjual jamu tradisional.  Kami melakukan inovasi jamu agar bisa diterima masyarakat modern yang lebih luas. Bahkan ingin mencapai sasaran produk kami untuk anak-anak muda.”

            Ibu Kepala Sekolah SMA 13 Semarang juga menjelaskan bahwa semua siswa sebelumnya mendapatkan pelatihan membuat jamu. Mereka memanfaatkan dana bantuan Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) sebesar Rp. 100 juta untuk pengembangan produk jamu. Para siswa juga melakukan studi banding ke salah satu pabrik jamu ternama dan mempelajari resep jamu di Kampung Jamu. Kepala SMA Negeri 13 Semarang juga merencanakan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Dinas Koperasi.

            Berkenan hadir tamu undangan dalam bazar wirausaha itu para lurah se-Kota Semarang, camat se-Kota Semarang, kepala SMA, orang tua siswa, komite sekolah, dan bapak-ibu guru. Mereka berkesempatan membeli dan menikmati produk-produk para siswa.

            Dalam bazar kewirausahaan itu dipentaskan teater kontemporer karya para siswa kelas XII IPS1 dengan lakon “Penculikan Dewi Sinta”. Sutradara lakon yang kocak, satire, dan kontemporer  ini disutradarai Devita Putri Maharani. Pemeran Rama (Hendriko Frans Adi Wijaya), Dewi Sinta (Tiara Sheva Apriliani), Rahwana (Chahyo Dwi Yulianto), dan Hanoman (Dimas Fajar Ardana) sanggup menghidupkan suasana bazar sebagai hiburan. Sutradara melakukan sanggit kisah yang diselaraskan dengan dinamika zaman, kehidupan anak muda milineal. Ibu Siti Afidah, S.Pd., sebagai wali kelas, mempersiapkan pergelaran teater ini dengan inovasi baru yang lebih memukau, setelah lakon ini memenangi juara 1 lomba teater Bulan Bahasa 2019 (Pras).          

 



Kembali ke Atas


Info Sekolah Lainnya :